Teknologi Masa Depan 2050

Saat ini, teknologi memang terus berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bahkan, banyak sekali teknologi tidak masuk akal yang sudah diciptakan seperti halnya pada robot yang katanya sudah memiliki IQ sendiri.

Robot tersebut diciptakan seakan-akan memiliki hidup seperti manusia, dapat berpikir dan merespon dengan kesadaran sendiri. Sangat berbeda dengan robot yang kita kenal dahulu, mereka hanya dapat membuat gerakan sederhana dan digerakan sesuai keinginan manusia.

Bukan hanya robot, bahkan kabarnya sekarang sudah ditemukan planet yang mirip sekali dengan bumi, yaitu planet K2-18b. Planet tersebut tentu saja dapat ditemukan dengan adanya kemajuan teknologi yang terus berkembang setiap harinya.

Jika sekarang saja teknologi sudah sangat maju, lalu bagaimana dengan teknologi 2050? Berikut adalah prediksi teknologi pada tahun 2050 yang akan datang.

Prediksi Teknologi di Tahun 2050

  1. Manusia Dipimpin Oleh Komputer

Jika sekarang yang kita ketahui manusia sudah banyak digantikan oleh komputer, lalu bagaimana jika ceritanya manusia akan dipimpin oleh komputer? Sungguh hal ini sangatlah membingungkan jika mengingat manusia lah yang membuat semua komputer.

Namun, Professor Toby Walsh memprediksi bahwa di tahun 2050 yang akan datang komputer akan menjadi bos manusia. Sehingga, komputer dapat memecat dan mengelola kehidupan layaknya seorang supervisor perusahaan.

Professor Toby Walsh mengatakan, jika nanti komputer dapat memilih pekerja berdasarkan kualifikasi dan kemampuan yang disesuaikan dengan pekerjaannya. Komputer juga dapat mengatur mengenai hari libur, kenaikan pangkat dan gaji para pekerjanya.

Hal ini tentu dapat memudahkan manusia, tapi bukankah hal itu ironis? Komputer yang diciptakan untuk membantu pekerjaan, kini malah menjadikan manusia sebagai pekerja dan bahkan merebut lapangan pekerjaan manusia.

  1. Larangan Mengemudi Bagi Manusia

Manusia dilarang mengemudi? Lalu siapa yang akan mengemudikan kendaraan? Jawabannya adalah mobil otonom! Saat ini, sedang ada pengembangan terhadap kendaraan otonom yang dapat berjalan sendiri tanpa dikemudi oleh manusia.

Menurut Professor Toby Walsh, mobil bertenologi canggih ini akan sempurna di tahun 2050. Hal ini juga menyebabkan manusia dilarang mengemudi jika mengingat angka kematian yang sangat tinggi akibat kecelakaan.

Memang benar hal ini dapat sangat membantu manusia dan mencegah terjadinya kecelakaan, namun kita tidak bisa mendapatkan teknologi ini dalam waktu dekat karena masih dalam tahap pengembangan.

  1. Assisten Kesehatan Komputer

Professor Toby Walsh mempercayai, jika nanti di tahun 2050 akan ada teknologi berupa asisten kesehatan komputer yang dapat memeriksa kesehatan kita setiap hari.

Komputer tersebut akan berperan seperti halnya dokter sungguhan, yang akan menganalisis kesehatan kamu dengan cara memonitor denyut nadi, tekanan darah, kualitas tidur, olahraga, dan vital lainnya.

Selain itu, Professor Toby Walsh juga mengatakan bahwa komputer tersebut dapat mendeteksi tanda-tanda kedatangan penyakit demensia, struk, maupun hanya sekedar flu biasa.

  1. Avatar yang Menggantikan Manusia

Professor Toby Walsh meyakini bahwa akan adanya teknologi avatar yang dapat menggantikan manusia seakan-akan ia memang dirinya. Avatar tersebut akan diprogram untuk dapat berbicara dan bertindak sehingga dapat menggantikan manusia aslinya.

Bahkan ia juga mengatakan, bahwa nanti Holywood dan industri game komputer akan bergabung untuk membuat film di dunia fiktif.

  1. Berbicara dengan Ruangan

Berbicara dengan ruangan mungkin saat ini akan dianggap sebagai orang yang tidak waras, lalu bagaimana di tahun 2050? Professor Toby Walsh yakin jika nanti di tahun tersebut, manusia dapat berbicara dengan ruangan dan memberinya perintah-perintah sederhana.

Mungkin hal ini sangat mirip dengan teknologi yang dibuat oleh Google, yaitu Google Assitant. Teknologi ini memungkinkan kita untuk berbicara dengan robot, dan memberi perintah-perintah untuk mencari suatu informasi.

Namun di teknologi 2050 yang satu ini, Professor Toby Walsh mengatakan jika nantinya kita dapat memberi perintah untuk menyalakan lampu. Bahkan, kita juga bisa memberikan perintah untuk memprediksi kemenangan pada pertandingan sepak bola.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*