Cara Jitu Menghasilkan Uang Lewat Channel Telegram

Telegram merupakan aplikasi chatting buatan rusia yang memiliki segudang fitur. Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih aplikasi ini sebagai aplikasi chatting utama adalah fleksibelitas. Alih-Alih melakukan inovasi untuk membuat fitur baru, Telegram malah mengijinkan penggunanya untuk menciptakan fitur sendiri dengan Telegram bot. Fitur unggulan lainya adalah Telegram Channel. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat konten untuk kemudian dibagikan kepada pengikut Anda, konsepnya seperti komunikasi satu arah.

Fitur Channel ini jika dimanfaatkan dengan maksimal akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk menghasilkan uang. Daripada Anda berkutat pada Bot Telegram tidak jelas untuk menghasilkan uang dan akhirnya tertipu, lebih baik Anda fokus memaksimalkan fitur channel ini dan mulai membangun investasi untuk Anda kedepanya. Bagi Anda yang bingung bagaimana memonetasi channel Anda, berikut ini adalah cara menghasilkan uang lewat channel telegram.

Membuka Slot Iklan

Membuka Slot iklan merupakan hal yang lumrah kalau ingin menghasilkan slot iklan. Jika channel Anda sudah besar, beberapa pengiklan baik dari brand atau perusahaan dan juga channel lain mungkin tertarik dengan channel Anda dan ingin memasang iklan di channel Anda. Mereka akan menghubungi Anda untuk melakukan penawaran dan membuat kesepakatan. Iklan yang ditampilkan dapat berupa adlibs, gambar, atau mungkin cuman external link saja.

Mematok Biaya Berlangganan

Biasanya ada dua tipe dari channel telegram. Pertama, channel publik dengan konten standar yang biasanya banyak berisi konten promosi (bisa iklan, endorse, affliasi, dan banyak lagi). Kedua, channel pribadi dengan konten premium serta bebas iklan dan promosi. Channel tipe kedua menghasilkan keuntungan dengan mematok biaya berlangganan.

Telegram sendiri tidak puya fitur pembayaran yang terintegrasi dengan channel jika inggin membuat channel dengan biaya berlangganan. Untuk menggunakan cara ini agar Anda bisa menarik biaya untuk berlangganan di channel Anda, Anda bisa menggunakan bantuan pihak ketiga atau Anda merancang sistem sendiri untuk membuat halaman pembayaran.

Donasi

Sebagai konten kreator ini adalah pilihan lainya jika Anda ingin menghasilkan uang lewat telegram selain dari membuka slot iklan atau mematok biaya berlangganan.

Anda bisa membiarkan pengikut Anda untuk memberi sedikit uang tip setelah Anda mem-posting sebuah konten Anda. Jika channel Anda mempunyai pengikut cukup banyak, mungkin ada satu dua orang yang bersedia memberikan uang tip untuk konten yang Anda berikan. Anda bisa memanfaatkan layanan pihak ketiga seperti patreon jika Anda berkeinginan untuk memilih cara ini.

Menjual Produk atau jasa Anda

Konten berbayar atau konten gratis namun berisi iklan berbayar bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan uang lewat telegram. Anda bisa menggratiskan konten Anda tetapi disamping itu Anda bisa menjual produk atau jasa Anda.

Contohnya jika Anda seorang penulis lepas, Anda bisa membuat channel yang isinya tips seputar kepenulisan. Disamping itu Anda bisa membuka jasa menulis untuk pengikut setia Anda. Dengan melihat konten yang Anda berikan, tentu saja pengikut Anda melihat Anda sebagai penulis berpengalaman dan tidak segan untuk menggunakan jasa Anda.

Jika Anda mempunyai produk misalnya Anda adalah perusahaan penyedia hosting. Anda bisa membangun channel yang isinya tips serta tutorial untuk membangun dan mengembangkan sebuah website. Anda bisa menawarkan produk Anda di salah satu pembahasan sambil menjelaskan kualitas dari produk milik Anda.

Menjual Produk atau Jasa Orang Lain Melalui Pihak Ketiga

Jika Anda tidak punya produk atau layanan yang bisa dijual, Anda tinggal menjual produk atau jasa orang lain saja, tidak perlu repot. Caranya kurang lebih sama dengan yang sebelumnya, Anda memilih produk yang sesuai dengan tema channel Anda dari marketplace yang menawarkan program affliasi seperti Amazon.

Anda tinggal menunggu momentum yang tepat misalkan produk yang Anda jual sedang turun harga dan langsung membagikanya di channel Anda. Selain itu, walaupun pengikut channel Anda tidak membeli barang yang Anda jual tetapi membeli barang lain di Amazon melalui link affliasi Anda, Anda tetap akan mendapatkan komisi dari barang yang dibeli itu.

Menggalang Dana

Anda mungkin punya proyek besar ntah itu suatu penelitian atau rencana ingin membuat sebuah start up tetapi terkendala biaya. Daripada pusing-pusing menawarkan proposal Anda kesana-kemari, kenapa tidak memanfaatkan channel telegram saja. Anda bisa membangun channel telegram yang berhubungan dengan ide Anda, kemudian secara perlahan mulailah utarakan ide Anda di channel Anda. Setelah Anda bisa menarik simpati investor, Anda bisa membuka proposal penggalangan dana untuk penelitian atau ide perusahaan Anda.

Paid per Posts

Hampir sama dengan metode memasang slot iklan, tapi bedanya disini Anda bisa mendapatkan bayaran hampir di tiap post.

Lah, Bagaimana bisa begitu? Contoh sederhananya adalah sebuah channel lowongan pekerjaan. Pusat info lowongan kerja dalam bentuk channel telegram bisa membuat Anda mendapat bayaran untuk setiap lowongan kerja yang di-post di channel Anda.

Sebagai channel info lowogan kerja, pada mulanya Anda bisa membagikan lowongan kerja dari situs lowongan kerja yang Anda temukan di Internet untuk menumbuhkan audience channel Anda. Seiring berjalanya waktu, mungkin Ada HR-Manajer yang tidak sengaja menemukan channel Anda dan tertarik untuk mulai memasang lowongan pekerjaan di channel Anda.

Lihatlah! Ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang lewat channel telegram. Dengan strategi, kreativitas, dan kesabaran bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya bermodalkam smartphone saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*