Cara Agar Blog Anda Lancar Diterima Google Adsense

Google Adsense adalah salah satu cara untuk memonetisasi sebuah blog yang banyak digunakan oleh blogger di Indonesia. Hal ini dikarenakan Google Adsense menggunakan sistem CPM (Coast Per Mille) dimana Anda bisa mendapatkan keuntungan untuk setiap 1000 impressi, yang artinya Anda tidak perlu menunggu pengunjung untuk klik iklan. Selain itu, iklan yang ditampilkan di blog atau website juga relevan dengan prefensi pengunjung. Hal ini membuat kemungkinan pengunjung akan tertarik dengan iklan lebih tinggi.

Google Adsene memberi kesempatan pada beragam jenis website atau blog untuk memasang iklan mereka. Hal ini tidak tertutup bagi Anda yang menggunakan platform blog gratis seperti Blogger, atau WordPress. Bahkan jika Anda benar-benar melakukanya dengan gratis seperti menggunakan domain TLD gratisan ataupun hanya mrmggunakan template bawaan. Namun, untuk diterima Google Adsense, tentunya Anda harus memenuhi prasyarat tertentu. Inilah dia pembahasan tentang cara agar blog Anda mudah diterima Google.

Pastikan blog Anda tidak melanggar kebijakan Google Adsense

Ini adalah syarat utama yang harus Anda penuhi jika ingin diterima Google Adsense. Jika Anda melakukan optimasi seperti apapun, tetapi ada beberapa halaman Anda yang berisi konten yang melanggar kebijakan Google, tetap saja akan ditolak. Ada banyak sekali ketentuan dimana suatu konten bisa dianggap melanggar kebijakan Google. Anda bisa melihat di ToS (Term of Service) saat akan mendaftarkan diri di Google Adsense tentang konten yang melanggar kebijakan.

Jika ada beberapa konten yang menurut Anda melanggar pada Blog yang sekarang ini Anda ingin pasang iklan Google Adsense, Anda bisa menghapusnya terlebih dahulu. Anda juga bisa mengubah kata-kata yang melanggar kebijakan, dan lakukan recrawl terhadap blog Anda di Google Webmaster.

Kuantitas dan Kualitas Konten

Buatlah konten berkualitas dan berguna serta bukan konten plagiasi sebelum mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense. Konten berkualitas akan menarik banyak pembaca yang akan berpengaruh pada page view Anda. Google tidak bisa melihat apakah artikel Anda bermanfaat, terapi mereka bisa menilai berdasarkan beberapa kali artikel Anda dibaca.

Selain kualitas, kuantitas dalam mem-posting konten juga perlu diutamakan. Google  tidak mugkin bisa menilai sebuah blog hanya dari tiga sampai lima artikel saja, apalagi kalau cuman satu atau dua buah. Para praktisi SEO berbeda pendapat akan hal ini, tetapi minimal jika Anda ingin mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense, setidaknya sudah ada  20 artikel di blog Anda.

Umur Blog

Prasyarat ini tidak mutlak karena ada beberapa blogger yang berhasil diterima Google Adsense walau umur blog-nya belum genap satu bulan. Namun, ada baiknya Anda mempersiapkan blog Anda sebaik mungkin. Google melihat umur blog sebagai nilai tambah kredibelitas konten yang Anda buat. Ada baiknya Anda mendaftarkan blog Anda yang setidaknya umurnya sudah empat bulan.

Domain TLD

Jika Anda menggunakan platform Blogger dan Anda menggunakan domain bawaan Blogger dengan ekstensi .blogspot.com, akun adsense yang Anda buat akan masuk kategori akun Adsense hosted. Sebenarnya akun hosted sendiri prasyaratnya tidak terlalu ketat dan Anda tidak perlu mengikuti tutorial ini sepenuhnya. Namun, akun hosted sendiri memiliki berbagai kerkurangan seperti hanya bisa dipasang pada dua Platform saja (Blogger, dan Youtube) dan jika Anda upgrade ke domain TLD, iklan tidak akan ditampilkan sampai Anda mengajukan peninjauan ulang dan melakukan proses layaknya daftar akun adsense non-hosted.

Ada baiknya Anda menggunakan domain TLD terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan domain TLD gratisan, tetapi tidak disarankan karena bisa menurunkan kredibelitas blog Anda di mata pengunjung Anda (banyak website scam atau phising yang menggunakan domain TLD gratisan). Alternatif lainya, Anda bisa membeli domain TLD yang harganya murah, bahkan ada yang cuman Rp.10.000,00 saja.

Tampilan blog yang terstruktur dan ramah dengan pengunjung

Sangat tidak disarankan menggunakan template gratisan atau bahkan bajakan. Jika Anda tidak mau keluar modal untuk hal ini, Anda bisa menggunakan template bawaan dari platform yang Anda gunakan. Jika Anda punya modal tentunya Anda bisa membeli template premium.

Anda juga bisa menambah widget tambahan seperti recent post, Archive, atau popular post. Hal ini untuk memudah pengunjung Anda untuk mengakses artikel-artikel Anda yang lainya. Susunlah widget secara teratur agar enak dipandang mata. Jangan menambahkan widget yang tidak berguna, karena itu akan membuat blog Anda akan lebih berat ketika dimuat.

Tambahkan halaman pelengkap

Anda bisa menambahkan halaman pelengkap seperti “About,” “Disclaimer,” “Privacy Policy,” “Contact,” dan lain-lain. Google akan melihat jika blog Anda dibangun secara professional. Anda memberikan kebjijakan mengenai konten yang Anda buat, ataupun kebijakan privasi agar pengunjung blog tau bagaimana blog kamu mengolah data mereka. Selain itu, dengan melampirkan halaman kontak, akan lebih mudah bagi pengunjung untuk menghubungi Anda, untuk keperluan bisnis misalnya.

Nah inilah beberapa poin penting agar blog Anda bisa diterma Google. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*