Tutorial Cara Mendapatkan Backlink Gratis yang Berkualitas.

Jika bertanya soal teknik SEO yang tidak lekang oleh zaman, mungkin sebagian besar pakar SEO akan mengatakan “Backlink.” Setidaknya sampai sekarang, backlink masih menjadi penentu bagaimana peringkat sebuah website atau blog di mesin pencari. Bagi Anda yang sudah lama terjun ke dunia ini baik sebagai seorang blogger atau webmaster pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Bagi Anda yang baru memulai pun mungkin pernah mendengar (atau membaca) istilah ini saat mencari artikel yang berhubungan dengan “membangun trafik di blog atau website,” “membuat website atau blog berada di halaman pertama mesin pencari,” dan lain-lain.

Seiring dengan perkembangan zaman, aturan yang mengatur soal backlink ini sudah beberapa kali berubah. Untuk itu, mempelajari persoalan ini bukan hal yang mudah. Jika dulu Anda mungkin bisa mendapatkan backlink dari sembarang website atau blog, sekarang jika Anda melakukan itu akan terkena pelanggaran sideway. Hal ini dikarenakan ada tautan tidak relevan yang nangkring di salah satu halaman blog atau website Anda. Sebagai penerima backlink (yang tidak berkualitas ini) pun tidak lekang dari penalti Google. Dengan algoritma baru dari Google, blog atau website Anda bisa diturunkan peringkatnya bila terdeteksi banyaknya backlink spam yang tidak relevan dengan blog atau website Anda.

Mungkin ada dari Anda yang dari tadi bingung mengikuti bacaan ini. “Apa sih backlink?” “Apa sih algoritma?” dan masih banyak pertanyaan lagi. Mari kita belajar bersama mengenal backlink dan belajar bagaimana cara mendapat backlink yang berkualitas secara gratis.

Backlink

Biar tidak bingung, mari kita mulai dari definisi backlink. Backlink merupakan tautan atau link yang diarahkan dari sumber lain ke blog atau website kita. Tujuanya mungkin sekedar ingin memberi atribusi, rekomendasi, ataupun melakukan optimasi agar blog atau website kita bisa naik peringkat dan bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencari.

Backlink dibagi menjadi dua jenis, yang pertama nofollow dan yang kedua dofollow. Backlink doffolow artinya jika Anda menautkan link ke suatu situs, pengunjung yang mengklik tautan tersebut akan sampai ke tujuan tautan tersebut dan saat Google Bot melakukan perayapan (crawling), asal tautan tersebut akan ‘dirayapi’ sampai ke akar-akarnya. Sedangkan pada noffolow tautan tersebut tidak akan ‘dirayapi’ namun si pengguna masih bisa mengakses tautan tersebut.

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan jika backlink doffolow lebih baik jika Anda ingin melakukan optimasi pada blog atau website Anda sebagai penerima Backlink. Sedangkan backlink nofollow, sangat berguna bagi Anda yang ingin membuat backlink dengan tujuan atribusi ke website atau blog lain, tetapi Anda tidak ingin backlink yang Anda buat mempengaruhi website atau blog tersebut dalam peringkatnya di mesin Pencari.

Terlepas dari apapun bentuknya, backlink sendiri sudah memiliki tempat di hati praktisi SEO. Apalagi di zaman sekarang dimana SEO bukanlah hal yang asing lagi.

Tutorial cara  mendapatkan Backlink yang berkualitas

Setelah Anda mengetahui pengertian dari backlink, sekarang, apa itu backlink berkualitas? Sebuah backlink bisa dikatakan berkualitas bisa dilihat dari sumber backlink-nya. Bagaimana kualitas dari sumber tersebut, dan apakah ada relevansi dengan blog atau website Anda.

Backlink bisa didapat dengan cara gratis maupun berbayar. Tetapi, pada pembahasan kali ini kita akan fokus bagaimana caranya mendapatkan backlink berkualitas secara gratis.

Konten adalah yang paling utama

Mau Anda menggunakan tips SEO bagaimanapun, Konten adalah raja. Jika Anda menulis konten yang berkualitas, selain bisa mendapatkan pengunjung, Anda bisa mendapatkan backlink. Jika Anda adalah seorang yang professional dalam salah satu bidang dan menulis konten berkualitas pada bidang tersebut, bukan mustahil tulisan Anda bisa menjadi rujukan untuk website sekelas Wikipedia. Backlink gratis dan berkualitas pun Anda dapatkan.

Jika Anda bukan professional dalam satu bidang, Anda masih bisa mendapatkan backlink dengan cara menulis informasi yang banyak dicari. Anda bisa menulis konten serupa di suatu platform kemudian menautkan dengan blog atau website Anda sebagai rujukan.

 Bergabung dengan komunitas

Semuanya lebih mudah jika dilakukan bersama termasuk juga dalam hal membangun blog atau website. Bahkan seorang pakar SEO pun tak jarang ada yang bergabung dengan komunitas. Bergabung dengan komunitas banyak manfaatnya, mulai dari bisa saling bertukar informasi hingga saling bertukar backlink.

Efisienkan dengan menggunakan tools

Penggunaan tool dalam proses mendapatkan backlink bertujuan untuk mempermudah Anda. Penggunaan tool membuat Anda bisa membangun backlink yang efisien. Anda bisa membandingkan dengan kompetitor Anda dan melihat darimana sumber backlink kompetitor tersebut. Dari data tersebut Anda bisa menerapkan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk mendapatkan backlink yang lebih powerfull lagi.

Nah, inilah dia cara untuk mendapatkan backlink gratis yang berkualitas. Memang untuk mengaet trafik dengan menggunakan backlink gratisan bukanlah hal yang mudah. Anda harus mengerjakanya dengan telaten dan juga sabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*